Resetter Printer Epson L3110 dan Cara Menggunakan

Resetter Printer Epson L3110
Loading...

Resetter Printer Epson L3110 – Satu jenis printer yang sering digunakan oleh mahasiswa atau kantoran adalah Epson L3110. Printer sering digunakan karena bisa mencetak dalam jumlah banyak dan juga cepat. Sayangnya, berbagai masalah sering terjadi sehingga membutuhkan cara resetter printer Epson L3110.

Dengan melakukan resetter maka printer bisa digunakan lagi secara maksimal. Selain itu, kamu juga mengetahui apa saja penyebab dari masalah tersebut sehingga harus dilakukan proses resetter. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait dengan masalah ini simak artikel berikut.

Penyebab Masalah Pada Printer Epson L3110

Sebelum membahas tentang cara resetter printer Epson l3110. Tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja masalah yang sering terjadi pada printer ini.

1. Tidak Mendeteksi Tinta

Masalah pertama yang sering sekali terjadi adalah kesulitan bagi printer untuk mendeteksi tinta yang dimiliki. Padahal, tinta dalam kondisi penuh atau baru saja diisi. Tetapi, printer menganggapnya tinta sudah tidak ada atau dalam kondisi kosong sehingga proses cetak tidak bisa dilakukan.

Kondisi seperti ini adalah yang paling sering terjadi pada printer Epson l3110. Biasanya, seseorang yang menggunakan printer ini dan dalam kondisi kosong akan diisi tinta. Hal ini akan membuat printer sulit untuk mendeteksi adanya tinta yang baru saja ditambahkan.

Jadi harus ada beberapa metode untuk bisa membuat printer mau mendeteksi apa yang sudah ditambahkan. Biasanya, hanya dengan melakukan proses resetter kesalahan ini bisa segera diatasi sehingga proses dan tak bisa dilakukan dengan lebih mudah.

2. Masalah Busa Penyerap Tinta

Masalah selanjutnya ada pada busa penyerap yang biasanya digunakan untuk menyalurkan tinta dari bagian penampung hingga ke bagian pencetakan. Hal ini menyebabkan kita tidak bisa dikenali atau tidak bisa menetas dengan baik.

Biasanya, cara ini bisa diatasi dengan hanya melakukan proses setting ulang. Jika tidak bisa mengatasi hal itu, kamu harus mengganti bagian dari hardware sehingga bisa memaksimalkan proses penyerapan tinta.

Loading...

3. Masalah Hardware

Hal terakhir yang biasanya menyebabkan masalah sehingga tidak bisa melakukan proses cetak adalah hardware yang digunakan pada printer. Seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan printer yang cukup intens, maka bisa saja terjadi masalah kerusakan.

Adanya kerusakan pada hardware bisa menyebabkan masalah yang cukup rumit. Apalagi jika kerusakan itu berada pada bagian utama, seperti motherboard. Kemungkinan besar harus diperbaiki dahulu oleh teknisi sebelum bisa digunakan untuk melakukan proses cetak.

Cara Resetter Printer Epson L3110

Apabila ingin melakukan proses resetter printer Epson L3110. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Jika menggunakan kedua cara tetap tidak bisa, kamu harus membuka printer terlebih dahulu atau dengan langsung dibawa ke tukang printer. 

Dengan begitu, masalah hardware bisa diatasi dengan mudah sehingga tidak perlu melakukan berbagai jenis proses resetter yang tidak selalu bisa menyelesaikan masalah. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Dengan Aplikasi

Apabila ingin melakukan proses reset dengan memanfaatkan aplikasi ada baiknya untuk mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan download terlebih dahulu aplikasi digunakan untuk melakukan proses restore pada Epson L3110.
  2. Setelah berhasil melakukan download, tahap selanjutnya adalah dengan melakukan ekstrak file
  3. Jika sudah terbuka, kamu bisa menjalankan file Keygen.
  4. Lanjutkan dengan proses penyalinan license code.
  5. Proses yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi bernama AdjProg. Untuk melakukannya, kamu harus cara klik kanan Run as administrator.
  6. Lalu, masukkan kode lisensi untuk melakukan proses aktivasi.
  7. Halaman baru akan muncul untuk memulai proses resetter. Kamu bisa langsung memilih atau melakukan klik pada tombol Select.
  8. Ubah Model Name menjadi nama printer yang digunakan, yaitu L3110. Isikan juga pada bagian lainnya.
  9. Lanjutkan dengan menekan OK.
  10. Tekan tombol Particular adjustment mode.
  11. Cari menu Maintenance.
  12. Pilih Waste Ink Pad Counter lalu OK.
  13. Centang kotak Main pad counter.
  14. Tekan tombol Check.
  15. Centang Main pad counter, klik Initialization.
  16. Centang Main Pad lagi, tekan Initialization
  17. Jika berhasil akan muncul tulisan please turn off/turn on printer.
  18. Setelah itu, proses selesai dan segera lakukan proses restart pada printer.

2. Cara Manual

Apabila ingin menggunakan cara manual, maka ikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini:

  • Printer sudah dihidupkan sehingga siap digunakan untuk melakukan proses cetak.
  • Tekan tombol Resume, tombol ini memiliki ikon untuk tinta di atasnya. Kamu harus menekannya selama 5 detik. Setelah itu bisa dilepaskan.
  • Tekan lagi tombol Resume selama 3 detik, setelah itu bisa dilepaskan lagi.
  • Tunggu sebentar sampai printer memberikan respon.
  • Apabila lampu indikator sudah hilang yang sebelumnya berwarna merah berarti proses reset sudah dilakukan.
  • Setelah itu, bisa dimatikan lalu nyalakan lagi printer untuk bisa segera digunakan.

Cararesetter printer Epson L3110 bisa dilakukan secara manual atau dengan menggunakan aplikasi. Apabila sudah menggunakan 2 cara tersebut masih terjadi masalah atau tidak bisa melakukan proses cetak berarti ada masalah pada hardware yang digunakan.

Loading...