Cara Mengatasi Google Form Tidak Bisa Diisi & Penyebabnya

Cara Mengatasi Google Form Tidak Bisa Diisi

Google Form sering digunakan untuk banyak hal. Biasanya, Google Form ini digunakan untuk pengisian soal ujian. Selain itu, sering juga digunakan untuk mengisi survei. Sayangnya, beberapa orang sering mengalami masalah Google Form tidak bisa diisi padahal linknya sudah benar.

Kondisi seperti ini sebenarnya wajar terjadi dan sering dialami oleh banyak orang. Hanya saja tidak semuanya bisa mengatasinya dengan mudah. Bahkan, sebagian orang juga harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Google Form Tidak Bisa Diisi

Penyebab Google Form tidak dapat diisi sebenarnya cukup banyak. Berikut beberapa penyebab yang sering menjadi pemicu:

1. Belum Login

Salah satu penyebab pertama kenapa Google Form tidak bisa diisi adalah kamu belum melakukan login. Secara umum, ada dua jenis form yang bisa digunakan untuk mengisi. Pertama adalah yang menggunakan email untuk login terlebih dahulu dan kedua adalah bebas.

Apabila digunakan untuk kebutuhan pengisian tugas atau pendaftaran biasanya membutuhkan email untuk melakukan login. Jika tidak melakukan login kemungkinan besar tidak akan bisa diisi ataupun terjadi masalah saat akan melakukan submit.

2. Login ke Akun yang Salah

Beberapa Google Form juga bisa disetting untuk hanya bisa dipakai oleh email yang sudah diundang. Apabila seseorang membuka Google Form tersebut dengan menggunakan email yang lain, kemungkinan besar tidak akan bisa digunakan untuk membuka dan melakukan pengisian.

Pastikan untuk menggunakan email yang benar untuk melakukan pengisian pada Google Form. Jadi ingat baik-baik email apa yang diundang untuk pengisian Google Form tersebut.

3. Banyak Sampah Cache

Browser yang digunakan untuk membuka Google Form juga bisa bermasalah akibat banyak sampah berupa cache. Hal ini bisa memicu masalah karena memori jadi penuh sehingga sulit untuk memasukkan data baru berupa Google Form.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus cache. Penghapusan ini tentu akan menghilangkan berbagai jenis password yang kemungkinan disimpan. Jadi pastikan terlebih dahulu sebelum melakukannya.

4. Browser Masih Lawas

Browser yang digunakan masih kategori lawas sehingga tidak bisa memanfaatkan berbagai fitur yang dimiliki oleh Google Form. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan proses update terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Google Form Tidak Bisa Diisi

Untuk mengatasi masalah Google Formulir yang tidak bisa diisi, kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini:

1. Melakukan Login

Untuk melakukan login kamu bisa membuka terlebih dahulu link dari Google Form yang sudah diterima. Setelah itu, lakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Pilih salah satu email yang digunakan untuk melakukan login biasanya lokasinya di bagian atas.
  2. Cek pada bagian Google Form apakah sudah menggunakan email yang benar atau belum.
  3. Jika sudah benar biasanya bisa langsung digunakan untuk melakukan pengisian.

2. Menghapus Cache

Untuk bisa menghapus cache, kamu hanya perlu melakukan beberapa Langkah:

  1. Buka Apps di Settings.
  2. Masuk ke Google Chrome.
  3. Bergerak ke bawah lalu pilih hapus data and cache.

3. Update Browser

Proses update browser bisa dilakukan dengan mengakses Google Play Store. Simak cara selengkapnya di bawah ini:

  • Disarankan menggunakan Google Chrome karena sama-sama produk Google sehingga kemungkinan terjadi kesalahan sangat kecil.
  • Buka halaman Google Chrome pada Play Store.
  • Selanjutnya, tekan tombol update.
  • Tunggu prosesnya berjalan hingga selesai.
  • Selanjutnya bisa langsung membuka Google Form.

Cara Lain Mengatasi Masalah Google Form Tidak Bisa Diisi

Selama melakukan prosedur dengan baik kemungkinan besar tidak ada masalah dengan pengisian dari Google Form.

Kamu hanya perlu masuk ke dalam link yang sudah disediakan. Jika memang sulit untuk melakukan pengisian setelah beberapa cara dilakukan, segera hubungi pembuat.

Selain dengan menggunakan cara di atas, kamu bisa juga mengikuti beberapa hal di bawah ini:

1. Hubungi Pembuat

Terkadang meski sudah melakukan beberapa cara di atas, Google Form seringkali masih tidak bisa diisi. Apabila hal ini juga terjadi pada orang lain dan tidak hanya kamu saja, berarti masalah terjadi pada sistem yang digunakan untuk membuatnya.

Salah satu solusi yang bisa diambil adalah dengan menghubungi orang yang membuat Google Form tersebut. Katakan pada pembuat formulir, jika terjadi masalah pada bagian tertentu sehingga harus diperbaiki terlebih dahulu.

Dengan cara ini, Google Form akan dicek terlebih dahulu sehingga berbagai jenis masalah bisa diatasi. Setelah diperbaiki, kamu bisa langsung mencobanya kembali. Apabila belum, bisa bisa menghubungi lagi orang yang.

2. Pakai HP Lain

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan meminjam HP orang lain. Dengan menggunakan HP lain, kamu bisa mencoba login ke alamat email yang sering digunakan untuk mengisi berbagai jenis Google Form.

Apabila bisa digunakan untuk melakukan pengisian, berarti yang mengalami masalah adalah ponsel kamu. Entah itu yang menjadi masalah browser atau sistem yang digunakan jadi tidak bisa digunakan untuk mengisi.

Seperti yang sudah dibahas di atas, ternyata penyebab Google Form tidak bisa diisi cukup banyak. Mulai dari orang yang membuat Google Form tersebut hingga masalah teknis yang memang dimiliki oleh pemakainya. Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai cara di atas.