Laptop Tidak Bisa Menyala Tapi Lampu Power Hidup

Laptop Tidak Bisa Menyala Tapi Lampu Power Hidup?

Loading...

Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup? Stop Panik, Coba Cara Ini – Laptop menjadi perangkat keras yang lebih mudah ketika dibawa kemanapun.

Untuk itu tidak mengherankan jika lebih banyak yang memilih laptop dibandingkan menggunakan PC atau komputer pribadi. Namun masalah yang seringkali terjadi yaitu laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

Jika Anda mengalami hal demikian, tidak perlu khawatir dan langsung panik. Ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan agar permasalahan seperti ini bisa diatasi dengan baik.

Dari beberapa cara berikut, silahkan memilih cara yang sesuai dengan permasalahan yang sedang Anda hadapi.

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Sebelum mengatasi permasalahan laptop tidak mau menyala namun lampu power hidup, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Setiap laptop dengan kondisi seperti ini pastinya mempunyai penyebab yang tidak sama.

Untuk itu berikut ini cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala namun lampu power hidup berdasarkan dari penyebabnya yaitu:

1. Melakukan Pengecekan Pada Baterai

Hal pertama yang menjadi penyebab laptop tidak mau menyala yaitu karena kehabisan baterai. Kondisi seperti ini memang masalah kecil, namun jika terjadi pastinya membuat pemiliknya merasa panik. Jika baterai benar-benar kosong, layar akan mati, namun lampu power hidup.

Bahkan terkadang lampunya juga berubah menjadi warna merah. Cara mengatasi permasalahan ini sangatlah mudah, yaitu cukup dengan menghubungkan laptop dengan charger. Jika laptop berada dalam kondisi hidup dan dipakai, pastikan bahwa charger selalu terhubung.

Secara umum, jika hal ini sudah terjadi, maka tugas dari laptop semakin berat. Dengan demikian maka baterai pada laptop lebih cepat terkuras alias drop.

2. Bongkar Laptop

Jika permasalahan ini tidak bersumber dari baterai yang habis atau kosong, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian HDD laptop. Pada biasanya HDD yang rusak, ketika dinyalakan layar akan tampil kosong dan terdapat tulisan HDD tidak terdeteksi.

Loading...

Apabila Anda masih merasa belum yakin, bisa mengatasinya dengan membongkar laptop kemudian membersihkan dibagian HDD. Jika sudah maka Anda dapat menyalakan laptop kembali.

Jika langkah ini tidak membuahkan hasil dan laptop tidak mau menyala, artinya bahwa HDD yang Anda gunakan sudah rusak dan harus ganti dengan HDD yang baru.

3. Membersihkan Bagian RAM

Kerusakan pada bagian RAM bisa ditandai laptop hanya akan menampilkan layar hitam atau blank. Sementara mesin laptop masih tetap berjalan seperti pada biasanya. Apabila tidak terjadi hal fatal seperti laptop jatuh, terinjak, terkena air atau yang lainnya maka RAM belum tentu rusak.

Namun hanya kotor atau longgar saja. Cara mengatasinya bisa dengan membongkar laptop kemudian merapatkan kembali RAM tersebut. Laptop yang tidak bisa menyala tapi lampu power hidup yang dikarenakan RAM kotor, Anda juga bisa mengatasi dengan membuka RAM laptop.

Setelah itu membersihkan PIN pada RAM tersebut. Saat membersihkan pastikan menggunakan alat khusus maupun menggunakan lap dengan bahan halus. Jika RAM sudah bersih, hidupkan kembali laptop.

Apabila laptop tidak dapat menyala sedangkan RAM sudah dibersihkan, maka jalan yang terakhir yaitu dengan menyerahkan kepada tempat service. Hal ini banyak terjadi pada laptop yang sudah lama di pakai.

4. Ganti Mainboard

Laptop tidak bisa menyala tapi lampu power hidup juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian CPU, motherboard, kerusakan VGA, maupun kerusakan connector display. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengganti mainboard laptop.

Akan tetapi saat mengganti mainboard laptop, harganya tidak jauh berbeda saat Anda membeli laptop baru. Alasannya karena proses penggantian mainboard tergolong sulit. Bahkan harganya pun tidak sebanding dengan biaya perbaikannya.

Keempat cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa diterapkan pada semua merk laptop. Untuk itu sebelum mengatasinya pastikan terlebih dahulu sumber penyebabnya. Jika sudah mengetahui penyebabnya, barulah Anda mengatasinya melalui Informasi seperti penjelasan diatas.

Loading...

Artikel Terkait:

About the Author: Adila Kamilia