Kenapa Telegram Lemot? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa Telegram Lemot
Loading...

Apa penyebab aplikasi Telegram bisa lag dan kenapa Telegrame lemot? Yuk ketahui cara mengatasi permasalahan tersebut.

Telegram menjadi salah satu alat komunikasi yang saat ini sudah banyak digunakan, khususnya di Indonesia sendiri. Telegram memiliki berbagai macam fitur yang mampu membantu Anda dalam berkomunikasi dengan orang lainnya.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa Telegram lemot yang tentunya cukup mengganggu jika sedang digunakan.

Telegram yang lemot tidak hanya membuat Anda terganggu, namun juga dapat menghambat aktivitas atau pekerjaan yang cukup penting.

Telegram yang lemot tentunya membuat Anda kesulitan untuk mengirimkan chat, mengirimkan foto atau video, hingga membuka file.

Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa penyebab dan solusi dari Telegram yang lemot.

Penyebab Kenapa Telegram Lemot?

1. Terlalu Banyak Memiliki Channel atau Grup

Telegram yang ketika dijalankan kinerjanya lemot bisa jadi dikarenakan Anda terlalu banyak bergabung ke channel atau grup. Walaupun ukuran dari aplikasi telegram cukup ringan, namun jika Anda bergabung dengan banyak channel atau grup tentunya akan berpengaruh ke kinerjanya.

Sebenarnya channel atau grup yang isinya hanya untuk pesan teks atau gambar saja tidak akan memberatkan kinerja Telegram.

Namun jika channel atau grup yang sering digunakan untuk membagikan file video atau file lainnya yang berukuran besar, maka akan menyebabkan Telegram menjadi lemot.

Loading...

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat keluar dari grup atau yang memang tidak penting atau sudah lama tidak ada aktivitas di dalamnya.

2. Data Aplikasi yang Terlalu Banyak

Penyebab selanjutnya aplikasi Telegram menjadi lemot adalah karena terlalu banyak data aplikasi. Data aplikasi yang sudah full tentunya akan membuat kinerjanya semakin berat, seperti halnya perangkat HP yang jika memorinya sudah full ketika digunakan tentu akan berat.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menghapus data aplikasi Telegram agar dapat kembali menjadi fresh. Walaupun menghapus data, riwayat chat yang ada di dalam aplikasi tidak akan hilang, jadi cara ini cukup efektif dan aman jika Anda gunakan.

  1. Untuk menghapus data aplikasi, Anda dapat pergi ke menu Pengaturan lalu pilih menu Aplikasi.
  2. Pada halaman aplikasi Anda dalam memilih aplikasi Telegram lalu pilih opsi Hapus Data.
  3. Setelah berhasil menghapus data, maka Anda dapat login kembali ke akun Telegram.

3. Versi Telegram yang Sudah Terlalu Lama

Telegram sendiri secara rutin akan memberikan update system agar tidak terjadi bug ketika digunakan atau memang menambahkan fitur terbaru. Namun jika Anda tidak pernah melakukan update ke versi terbaru, maka akan menyebabkan banyak bug dan Telegram menjadi lemot.

Maka dari itu, Anda dapat melakukan update secara rutin jika Telegram memberikan update sistem. Dengan melakukan update, Telegram dapat bekerja dengan cepat dan Anda dapat menikmati segala fitur di dalamnya dengan mudah.

Baca juga: Cara Mencari Bot di Telegram

4. Terlalu Banyak Cache

Cache sendiri adalah data yang tersimpan secara otomatis setelah Anda membuka sebuah aplikasi. Cache yang sudah terlalu banyak tentunya akan memenuhi ruang penyimpanan perangkat dan akan mengakibatkan aplikasi atau bahkan perangkat menjadi lemot.

Maka dari itu, Anda dapat menghapus data cache secara rutin agar kinerja aplikasi Telegram kembali menjadi normal.

  1. Untuk menghapus data cache, Anda dapat masuk ke menu Pengaturan lalu pilih menu Aplikasi.
  2. Di halaman menu aplikasi, Anda dapat mencari aplikasi Telegram lalu masuk ke opsi Storage.
  3. Setelah itu untuk menghapus cache Anda dapat tap opsi “Clear Cache”.

Penjelasan singkat di atas tentunya sudah menjawab pertanyaan kenapa Telegram lemot. Tentunya penting bagi Anda untuk perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar dapat mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya.

Loading...