HP Tidak Bisa Panggilan Keluar

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Panggilan Keluar

Loading...

HP tidak bisa panggilan keluar menjadi masalah yang seringkali dialami oleh pengguna smartphone baik Android maupun iOS. Biasanya problem ini tidak hanya membatasi panggilan keluar saja namun juga ketika Anda akan mengecek pulsa melalui kode USSD atau mengirim pesan singkat.

Penyebab dari masalah ini bermacam-macam, bisa berasal dari teknis pengaturan panggilan smartphone atau bahkan sim card yang Anda gunakan. Apa penyebab dan Bagaimana cara mengatasi masalah ini ? Berikut penjelasan lengkapnya!

Daftar Keterangan Saat HP Tidak Bisa Panggilan Keluar

Ketika sebuah smartphone tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan, SMS atau bahkan dial code untuk mengecek pulsa, pasti akan terdapat keterangan.

Nah keterangan ini bisa membantu Anda untuk mengenali penyebabnya, berikut daftar kode error ketika tidak bisa melakukan panggilan :

  • Ketika smartphone digunakan untuk menelpon panggilan akan langsung berakhir atau terputus.
  • Tidak bisa menyambungkan panggilan ke nomor tertentu meskipun nomor yang dituju sedang aktif.
  • Saat digunakan untuk mengecek pulsa melalui kode dial akan muncul keterangan “Kode MMI tidak valid”.
  • SMS gagal terkirim meskipun memiliki pulsa dan nomor tujuan pengiriman pesan valid.

4 Penyebab HP Tidak Bisa Panggilan Keluar

Nah, setelah mengetahui dengan jelas notifikasi ketika panggilan keluar gagal baik itu dalam bentuk panggilan atau SMS. Berikut beberapa penyebab dari smartphone yang tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan keluar :

1. Menggunakan Fitur 4G Only

Mengaktifkan opsi menu untuk 4G Only memang dapat menjamin kestabilan jaringan serta kecepatan internet yang Anda miliki. Namun sayangnya jaringan 4G tidak bisa digunakan untuk keperluan komunikasi SMS atau telepon.

Seperti dilansir dari beberapa situs media nasional, saat ini jaringan 4G operator seluler di Indonesia masih menempati frekuensi 900mhz. Sementara untuk jaringan yang digunakan untuk melakukan layanan SMS dan telepon adalah jaringan 1.800mhz.

2. Fixed Dialing Number

Biasanya ketika akan melakukan panggilan keluar, akan muncul keterangan Fixed Dial Number (FDN) pada smartphone Anda. FDN adalah sebuah layanan dari smartphone GSM sehingga hanya dapat memanggil nomor tertentu saja.

Jadi, ketika fitur FDN ini aktif maka secara otomatis nomor yang tidak terdaftar dalam smartphone Anda tidak akan bisa dihubungi.

Akan tetapi FDN ini tidak berfungsi untuk panggilan masuk atau incoming calls, sehingga Anda tetap dapat menerima telpon dari berbagai macam nomor.

3. Konfigurasi SMSC

Faktor penyebab nomor empat ini khusus bagi Anda yang tidak bisa melakukan SMS atau melakukan dial code untuk mengecek kode.

SMSC adalah singkatan dari Short Massage Service Center tujuannya adalah untuk menyimpan, meneruskan, , dan menyampaikan pesan Layanan Pesan Singkat.

Setiap operator sudah tentu memiliki konfigurasi nomor SMSC yang berbeda antara satu sama lain. Nomor SMSC ini sendiri secara umum juga harus sama dengan yang direkomendasikan provider karena memang merupakan server utama.

  • Telkomsel: +6281100000
  • Indosat: +62816124
  • XL: +62818445009
  • Axis: +628315000032
  • Indosat: 62855000000
  • Three / Tri / 3: +6289644000001
  • Smartfren:+628811223344

4. Masalah Pada Perangkat Smartphone dan Sim Card

Penyebab nomor empat ini terhitung jarang ditemukan karena berhubungan dengan masalah yang sangat teknis. Pertama karena ada kesalahan seperti misalnya komponen pembaca sim pada smartphone yang tidak dapat bekerja dengan baik.

Loading...

Kedua biasanya simcard yang sudah berumur tua sudah juga lebih beresiko membuat panggilan gagal. Hal ini karena simcard sudah menurun kapasitasnya disebabkan oleh sering terkena gesekan dengan slot simcard pada smartphone.

5 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab mengapa smartphone tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan keluar.

Selanjutnya Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini agar smartphone bisa berfungsi dengan normal untuk melakukan panggilan.

1. Mengubah Jaringan Prioritas ke Semua Jaringan

Pertama Anda bisa mengubah tipe prioritas jaringan ke WCDMA sehingga frekuensi provider Anda akan cocok untuk digunakan mengirim SMS atau melakukan panggilan keluar. Anda bisa mengembalikan jaringan kembali ke 4G Lte Only jika akan menggunakan data untuk bermain games.

  1. Buka Menu Settings kemudian Klik Jaringan.
  2. Klik lagi opsi Saluran.
  3. Akan muncul menu Tipe Jaringan Prioritas lalu klik menu tersebut.
  4. Ganti jaringan prioritas 4G ke jaringan WCDMA.
  5. Coba untuk kembali melakukan panggilan apakah berhasil atau tidak.

2. Mengubah SMSC Pada Smartphone yang Anda Gunakan

SMSC pada smartphone Anda sangat mungkin bisa berubah, masalah ini lebih sering dialami oleh pengguna yang sering berganti kartu provider. Alhasil, biasanya nomor SMSC menjadi tidak sama seperti yang sudah ada pada provider.

  1. Buka menu telepon lalu ketikan kode dial *#*#4636#*#* dan tekan call
  2. Akan muncul beberapa opsi menu setelah Anda memasukan kode tersebut.
  3. Tap pada menu Phone Information atau Informasi Telepon.
  4. Scroll hingga ke bagian bawah hingga Anda menemukan nomor SMSC.
  5. Cek terlebih dahulu apakah nomor SMSC yang tertera sudah sesuai dengan nomor default dari provider.
  6. Jika berbeda ganti nomor SMSC dengan nomor default.

3. Menonaktifkan Fitur FDN

Fitur Fixed Dialing Number memang letaknya tersembunyi jika dibandingkan dengan menu-menu yang lain. Berbeda merk smartphone juga berdampak pada letak menu FDN ini sendiri, berikut cara menonaktifkan FDN pada smartphone Android dan iOS.

  1. Buka menu pengaturan atau Settings kemudian klik Menu Call.
  2. Tap pada menu Advancing Settings lalu klik Fixed Dialling Number.
  3. Geser Slider untuk menonaktifkan Fixed Dialling Number.
  4. Lakukan pengetesan apakah smartphone Anda sudah bisa digunakan untuk menerima panggilan.

Khusus untuk pengguna iOS, letak dari FDN berbeda dengan smartphone Android. Agar Anda tidak bingung, bisa mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini :

  1. Masuk ke menu Settings kemudian klik Phone.
  2. Pilih Fixed Dialing Number lalu klik Disable FDN.
  3. Masukan FDN PIN.

4. Restart Smartphone

Ketika smartphone tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan keluar, ada kemungkinan juga dikarenakan adanya kesalahan konfigurasi kecil. Sehingga Anda disarankan untuk terlebih dahulu me-restart smartphone selama beberapa menit.

Jika memungkinkan, periksa juga slot simcard pada smartphone Anda karena mungkin saja pemasangan sim tidak tepat.

Setelah itu coba untuk kembali melakukan panggilan melalui smartphone Anda apakah sudah normal atau belum.

5. Hubungi Call Center Provider

Jika semua cara yang disebutkan sebelumnya tidak berhasil untuk membuat Anda melakukan panggilan keluar maka kemungkinan besar ada masalah dengan provider. Solusinya adalah dengan mengunjungi call center dari provider.

Dari beberapa pengalaman pengguna yang pernah mengalami masalah serupa, biasanya Anda akan disarankan untuk melakukan registrasi ulang sim card. Dengan cara memasukan nomor KTP atau identitas yang lain.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan HP tidak bisa panggilan keluar. Namun kebanyakan hal ini terjadi karena smartphone dikunci hanya dengan mode 4G Only serta pengaturan FDN yang sengaja diaktifkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti tutorial seperti di atas.

Loading...

Artikel Terkait:

About the Author: Adila Kamilia