Cek Masa Tenggang Kartu XL

3 Cek Masa Tenggang Kartu XL dan Cara Tambah

Loading...

Zaman sekarang, sangat jarang orang menggunakan pulsa untuk melakukan SMS di XL. Akibatnya, kartu yang digunakan sering sekali memasuki masa tenggang. Jika Anda sering mengalami hal itu dan ingin mencegahnya, coba cek masa tenggang kartu XL secara berkala.

Masa tenggang kartu XL bisa dicek secara langsung dengan memanfaatkan USSD dan juga aplikasi serta website. Jika Anda belum tahu cara mengecek masa tenggang, coba simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Cara Cek Masa Tenggang Kartu XL

Untuk cek masa tenggang kartu XL, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Kode Dial USSD XL

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk cek masa tenggang kartu XL adalah memanfaatkan kode dial USSD yang dimiliki oleh XL itu sendiri.

Dengan menggunakan kode dial itu, Anda bisa langsung mengetahui sampai kapan kartu akan aktif dan masuk ke masa tenggang.

Ikuti langkah di bawah ini untuk melakukan pengecekan:

  1. Buka menu telepon atau panggilan.
  2. Ketikkan *123# selalu diikuti dengan dial atau telepon.
  3. Akan muncul pop-up USSD yang menampilkan berbagai informasi mengenai dari jumlah pulsa hingga masa aktif.
  4. Perhatikan bagian masa aktif dari kartu, apabila masa aktifnya sampai 05 Mei 2021, artinya lewat tanggal itu kartu yang anda miliki sudah masuk ke masa tenggang.

Apabila anda merasa masa tenggangnya sudah semakin dekat dan rawan mengalami lupa. Disarankan untuk segera memanjangkan masa aktif agar seluruh layanan dari kartu bisa dimanfaatkan dengan baik.

2. Melalui Website XL

Cek Masa Tenggang Kartu XL

Website XL juga bisa digunakan untuk mengecek informasi secara lengkap dari kartu yang digunakan termasuk mengetahui sampai kapan masa aktif dari kartu.

Ikuti langkah dibawah ini untuk menggunakan website XL dalam pengecekan masa aktif dan masa tenggang.

  1. Anda bisa menggunakan browser yang ada pada ponsel atau browser yang ada pada komputer.
  2. Buka situs My XL dengan mengakses tautan ini: my.xl.co.id.
  3. Setelah masuk Anda akan diminta untuk memilih apakah menggunakan Bahasa Indonesia atau menggunakan Bahasa Inggris. Pilih salah satu yang sesuai dengan keinginan.
  4. Saat akan masuk atau login, anda akan diminta untuk memilih antara memasukan nomor dari kartu atau menggunakan akun Facebook yang sudah tersambung sebelumnya.
  5. Yang paling mudah adalah menggunakan nomor kartu. Masukkan nomor XL yang anda miliki lalu tunggu mendapatkan kiriman kode verifikasi.
  6. Gunakan kode tersebut untuk bisa masuk ke dalam akun.
  7. Untuk mengetahui masa aktif dan juga kapan memasuki masa tenggang, cek bagian bawah dari pulsa. Akan ada tanggal masa aktif kartu. Disampingnya ada juga ringkasan berapa hari kartu bisa aktif.

Apabila masa aktif cukup panjang, misal di atas 30 hari, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Namun, jika masa aktifnya di bawah 7 hari disarankan untuk segera memperpanjangnya.

3. Aplikasi MyXL

Cek Masa Tenggang Kartu XL

Alternatif lain untuk mengecek masa aktif atau masa tenggang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi My XL. Simak cara di bawah ini untuk menggunakannya.

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi My XL dengan menggunakan ponsel Android atau iPhone.
  2. Setelah mengunduhnya buka aplikasi dan melakukan proses login dengan menggunakan nomor XL atau bisa juga memanfaatkan Facebook yang sudah tersambung.
  3. Masukkan kode verifikasi yang sudah dikirim ke nomor yang Anda gunakan.
  4. Setelah memasukkan kodenya klik lanjutkan untuk bisa masuk ke dalam akun My XL yang dimiliki.
  5. Cek bagian masa aktif di bawah formasi sisa pulsa yang tersedia. Di sana Anda bisa melihat, sisa berapa hari kartu akan aktif dan kapan tanggalnya.

Cara Menambah Masa Aktif Kartu XL

Ada beberapa cara untuk menambah masa aktif kartu XL jika Anda sudah terlanjur berada di masa tersebut. Anda bisa memanfaatkan salah satu dari dua cara di bawah ini.

Loading...

1. Lakukan isi ulang pulsa

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menambah masa aktif adalah melakukan isi ulang pulsa. Anda bisa membeli pulsa XL secara langsung melalui konter atau toko ritel lain yang ada di sekitar.

Apabila Anda menggunakan aplikasi dompet digital atau marketplace, bisa langsung melakukan pembelian dari sana.

Setiap nominal pulsa akan memiliki masa aktif tersendiri. Misal pulsa Rp5.000 memiliki masa aktif sekitar 7 hari saja. Sementara itu pulsa dengan nominal besar bisa menambah masa aktif hingga 30 hari.

2. Membeli masa aktif dari sisa pulsa

Katakanlah kartu yang Anda gunakan masih memiliki sisa pulsa yang cukup besar. Anda bisa memanfaatkannya untuk membeli masa aktif melalui langkah di bawah ini.

  1. Masuk menuju ke menu dial atau telepon.
  2. Ketikan *123# lalu tekan tombol dial atau panggil.
  3. Pop-up menu akan muncul, Anda bisa memilih menu INFO. Sesuaikan dengan angka yang muncul di depan pilihan tersebut.
  4. Selanjutnya pilih nomor satu atau “Info Kartu XL-ku”.
  5. Menu baru lagi akan muncul, pilih pada bagian Perpanjang Masa Aktif.
  6. Akan ada beberapa pilihan di sana, mulai dari Rp5.000 untuk 7 hari masa aktif hingga Rp110.000 untuk 360 hari masa aktif.
  7. Lanjutkan proses transaksi sesuai dengan langkah yang sedang dilakukan.
  8. Pulsa akan otomatis terpotong dan masa aktif bertambah.

Apabila Anda termasuk orang yang sering sekali lupa dengan masa aktif. Ada baiknya untuk mengisi pulsa dalam jumlah banyak agar masa aktifnya bertambah dengan sendirinya.

Selain itu Anda juga bisa langsung membeli masa aktif yang paling tinggi yaitu 360 hari. Dengan melakukan itu, Anda tidak khawatir juga mendadak kartu masuk dalam masa tenggang.

Apa yang Terjadi Saat Masa Tenggang?

Saat memasuki masa tenggang, kartu XL yang Anda gunakan akan mengalami pembatasan layanan. Pembatasan ini dilakukan selama beberapa saat hingga Anda akhirnya melakukan isi ulang untuk menambah masa aktif.

Apabila masa aktif tidak segera ditambah dengan melakukan, layanan seperti menelpon hingga mengirim SMS tidak akan bisa dilakukan. Selain itu layanan internet juga kemungkinan akan terhenti sehingga praktis kartu tidak bisa dimanfaatkan untuk melakukan apa pun.

Masa tenggang biasanya berlangsung selama 30 hari. Selama waktu itu Anda disarankan untuk segera melakukan isi ulang atau memperpanjang masa aktif dengan membelinya langsung melalui USSD seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Apabila Anda tidak mengisi ulang melebihi waktu tenggang yang ditetapkan. Kartu akan mati sehingga sinyal yang ada di dalamnya akan hilang. Solusi untuk permasalahan ini adalah datang langsung ke galeri XL untuk diaktifkan kembali.

Cara cek masa tenggang kartu XL yang sudah dibahas di atas bisa segera anda praktekkan untuk melihat tinggal berapa lama masa aktifnya. Apabila masa aktifnya sudah sangat sedikit, Anda bisa segera membeli pulsa kembali atau memanfaatkan pulsa yang ada untuk membeli masa aktif.

Masa aktif sangat penting karena mempengaruhi aktivitas dari kartu yang Anda gunakan. Akan sangat disayangkan jika masa aktif sangat sedikit seperti tinggal beberapa hari padahal kartu masih memiliki kuota data yang besar. Cek secara berkala agar layanan bisa terus digunakan.

Loading...

Artikel Terkait:

About the Author: Adila Kamilia