Tata Cara Pengembalian Barang di Shopee (Return)

Cara Pengembalian Barang di Shopee
Loading...

Cara Pengembalian Barang di Shopee – Saat barang pesanan dari Shopee tidak sesuai data, kamu masih bisa mengajukan pengembalian barang.

Tapi, sebelumnya sudah harus tahu bagaimana cara pengembalian barang di Shopee. Pasalnya, proses yang dilakukan harus bertahap dan tidak boleh ada yang salah.

Aturan Pengembalian Barang Di Shopee

Ketika kamu ingin mengembalikan sebuah barang, maka ada ketentuan tersendiri yang harus dipatuhi.

Kepatuhan kamu terhadap ketentuan ini akan sangat menentukan apakah pengajuan pengembalian barang bisa diterima pihak Shopee atau tidak.

Berikut ini beberapa aturan atau ketentuan ketika kamu ingin mengembalikan barang yang salah kirim dari pihak sellernya:

  • Kamu sebagai pembeli diberikan kesempatan untuk mengajukan pengembalian barang pesanan jika memang barang tersebut tidak sampai ke alamat.
  • Aturan berikutnya, pengembalian barang boleh dilakukan jika produk yang diterima oleh pihak pembeli ternyata rusak atau ada cacat. Ini biasanya harus disertakan dengan bukti video pembukaan paket pengiriman.
  • Barang yang tidak sesuai dengan keterangan yang ada di penjelasan produk di Toko penjual. Kamu harus menyampaikan alasannya dengan jelas agar pihak Shopee bisa menerimanya.
  • Ketika barang sudah ditangan pembeli dan dicek ternyata pesanan tersebut tidak sesuai dengan apa yang dipesan atau salah kirim barang.

Usahakan membuat video tanpa terpotong sejak pembukaan paket paling pertama sampai pengecekan barang seperti ukuran, warna, jumlah, dan lain-lain.

Loading...
  • Pengajuan cara pengembalian barang di Shopee harus disetujui juga oleh pihak seller atau penjual. Jadi buat bukti video tanpa terpotong dan sampaikan dulu alasan pengembalian barang ke pihak seller.
  • Penjual bisa menolak pengajuan pengembalian barang dari pembeli jika alasannya tidak dibenarkan, seperti tidak cocok dengan barangnya, berubah pikiran, dan lain-lain. Biasanya, ini bukan kesalahan dari pihak sellernya.
  • Kamu sebagai pembeli wajib sekali melakukan dokumentasi ketika pembukaan paket pertama kali dan pengecekan barangnya. Sebab, akan diminta ketika sedang dalam pengajuan pengembalian barang.
  • Ada kesepakatan penjual dan pembeli untuk mengembalikan barang jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.
  • Proses pengembalian barang dilakukan ketika masih dalam masa garansi dari Shopee.
  • Pastikan juga kamu belum menekan tombol Pesanan Diterima jika ingin mengembalikan barang.
  • Dana pembelian dari barang yang dikembalikan akan masuk ke ShopeePay.

Cara Pengembalian Barang Di Shopee

Ada dua tahapan dalam proses pengembalian barang yaitu pengajuan pengembalian dan selanjutnya pengiriman barang kembali. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pengajuan Pengembalian

  1. Langkah pertama, kamu bisa langsung masuk ke aplikasi Shopee yang ada di HP atau bisa juga membuka versi website, namun lebih mudah versi aplikasi saja.
  2. Kemudian carilah dan pilih opsi menu Saya, berupa gambar manusia. Simbol ini biasanya ada di kanan sebelah bawah sendiri.
  3. Setelah itu, carilah dan pilih pada opsi yang tulisannya Pesanan Saya dan tap saja untuk masuk ke halaman selanjutnya.
  4. Ketika kamu sudah di halaman Pesanan Saya, akan ada banyak pilihan dan di sini bisa pilih pada tab yang tulisannya Dikirim.
  5. Selanjutnya, jika sudah dipilih akan muncul pesanan-pesanan yang kamu lakukan termasuk yang ingin mengajukan pengembalian barang.
  6. Cara pengembalian barang di Shopee berikutnya bisa cari dan pilih produk yang ingin kamu kembalikan.
  7. Jika sudah masuk ke detail pesanan, geser ke sisi bawah dan carilah tombol Ajukan Pengembalian. Biasanya, ada di bagian paling bawah sendiri.
  8. Lalu, kamu akan masuk ke halaman Ajukan Pengembalian. Isilah beberapa data yang dibutuhkan seperti uraian alasan, foto bukti, pilihan solusi, dan lain-lain.
  9. Apabila semua data sudah kamu isi, bisa tap pada opsi tulisan Kirimkan.
  10. Selesai.

Perlu kamu perhatikan, sebelum melakukan pengajuan pengembalian barang paling tidak harus menghubungi pihak penjual dulu. Sampaikan konfirmasi permasalahan kamu, misalnya jumlah barangnya tidak sesuai pesanan.

Sehingga ketika pengajuan pengembalian barang dilakukan, pihak penjual bisa segera menyetujuinya.

2. Pengiriman Barang

Sebenarnya ketika kamu dalam proses pengajuan pengembalian, ada banyak pilihan solusi seperti ingin uang kembali atau barang dikirim ulang. Banyak yang bingung bagaimana cara pengembalian barang di Shopee dengan pengiriman ulang. Berikut penjelasannya:

  1. Pertama setelah kamu menyelesaikan proses pengajuan pengembalian barang di atas, maka akan muncul halaman pengembalian barang yang baru. Ini bisa muncul jika kamu memilih solusi pengiriman ulang.
  2. Pada halaman Rincian Pengembalian, bisa tap pada opsi menu Lihat Instruksi.
  3. Pastikan kamu sudah membungkus barang yang akan dikembalikan dengan aman, bisa menggunakan pembungkus dari seller yang sebelumnya. Tuliskan juga alamat penjual, bisa minta dulu lewat chat.
  4. Ada beberapa pilihan, dimana kamu bisa minta resi dulu kemudian ke cabang ekspedisi untuk pencetakan atau bisa langsung kirimkan ke ekspedisi agar dapat resinya.
  5. Lalu, masukkan resi yang sudah kamu terima ke bagian kolom yang tersedia.
  6. Tunggu barang sampai ke penjual dan dana akan dikembalikan atau ganti uang.

Cara pengembalian barang di Shopee ini wajib kamu ketahui. Karena tidak ada yang tahu kapan kamu akan mengalami kondisi salah kirim barang dari penjual. Apalagi jika barang itu memiliki harga yang lumayan mahal.

Loading...