Cara Menghapus Akun Shopee

Cara Menghapus Akun Shopee
Loading...

Dalam keadaan tertentu mungkin kamu ada keinginan menghapus akun Shopee. Untuk melakukan hal itu, kamu harus tahu dulu cara menghapus akun Shopee secara sempurna. Pasalnya, jika asal-asalan bisa saja pengajuan penghapusan akun akan ditolak.

Terlebih lagi pihak Shopee juga memberlakukan beberapa syarat yang harus kamu penuhi jika ingin hapus akun. Setelah itu, kamu baru bisa menjalankan proses pengajuan penghapusan akun Shopee.

Syarat Sebelum Hapus Akun Shopee

Ada banyak syarat yang harus kamu penuhi jika memang ingin menghapus akun Shopee secara permanen.

Jika beberapa syarat ini tidak kamu penuhi, biasanya pengajuan penghapusan akun akan ditolak oleh pihak Shopee. Jadi pastikan kamu telah memenuhi syaratnya. Berikut syarat tersebut:

1. Tidak Ada Transaksi yang Berlangsung

Syarat pertama adalah di dalam akun kamu tersebut sedang tidak ada transaksi yang berlangsung. Apabila transaksi yang sudah berada di tangan pihak kurir maka bisa dipastikan akan berlanjut dan sulit dibatalkan.

Tunggulah produk pembelian tiba di alamat tujuan. Jika akun tersebut adalah toko, pastikan kamu juga menolak jika ada permintaan pesanan baru.

2. Saldo Kosong

Syarat berikutnya saldo di dalam akun Shopee harus kosong. Dikarenakan cara menghapus akun Shopee ini akan berlaku secara permanen dan semua data di dalamnya tidak akan bisa dikembalikan.

Oleh karena itu, kamu harus mengosongkan saldo Shopee sampai benar-benar tidak ada isinya.

3. Nomor HP dan Email Masih Bisa Dihubungi

Agar proses pengajuan penghapusan akun Shopee tidak gagal, kamu harus masih memiliki akses atas nomor HP dan email yang tersambung ke akun tersebut. Pihak Shopee biasanya akan menghubungi kamu lewat pesan SMS maupun konfirmasi email.

Loading...

Jika tidak dilakukan konfirmasi manual lewat dua akses kontak tersebut, maka proses pengajuan penghapusan akun Shopee akan gagal atau ditolak.

4. Akun Tidak Sedang Ditangguhkan

Syarat yang tidak kalah pentingnya adalah akun yang ingin kamu hapus tersebut tidak sedang dalam status “Ditangguhkan”. Ketika akun sedang ditangguhkan, pengguna tidak diberikan hak untuk melakukan apapun termasuk penghapusan akun.

Memang bisa saja kamu mengajukan cara menghapus akun Shopee lewat Customer Service. Tapi setelah itu sistem Shopee akan melihat kondisi akun dan akhirnya juga akan tetap ditolak. Oleh karena itu, pastikan akunnya dalam kondisi normal.

Cara Menghapus Akun Shopee

Setelah semua syarat sudah kamu penuhi, sekarang kamu bisa memulai proses penghapusan akun. Pada langkah ini, kamu harus tahu dan paham jika proses penghapusan tidak bisa dilakukan pada akses Shopee lewat website laptop. 

Tidak diketahui apa penyebab pastinya. Berikut cara hapus lewat aplikasi Shopee:

  1. Pertama pastikan dulu aplikasi Shopee yang kamu miliki sudah versi paling terbaru.
  2. Jika sudah bisa jalankan dan operasikan saja aplikasinya.
  3. Lakukan proses login ke Shopee menggunakan informasi yang dimiliki seperti Username dan juga Password.
  4. Setelah berhasil login dan masuk ke halaman Shopee paling pertama, bisa pilih dan tap pada opsi menu Saya. Biasanya letaknya di kanan bawah sebelah pojok.
  5. Kemudian, kamu bisa masuk dengan memilih opsi menu Pengaturan Akun.
  6. Di dalamnya, kamu bisa mencari lagi opsi menu berupa Ajukan Penghapusan Akun dan pilih opsi Lanjut.
  7. Tunggu saja, biasanya Shopee akan mengirimkan kode verifikasi lewat SMS ke nomor HP yang terdaftar pada akun yang mau dihapus.
  8. Jika sudah ada SMS, isilah kode di dalam SMS ke kolom yang sudah tersedia.
  9. Setelah itu, masuk ke bagian Ajukan Penghapusan Akun. Isilah alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Shopee dan berikan tanda centang pada bagian Saya setuju dengan syarat.
  10. Terakhir, tinggal tap pada opsi Kirim dan tunggu hasil peninjauan Shopee apakah penghapusan akun disetujui atau tidak.

Cara Hapus Akun yang Kena Hack

Ketika akun kamu diretas oleh orang lain maka bisa dipastikan tidak memiliki akses apapun ke akun tersebut.

Tapi tenang saja, masih ada cara agar kamu bisa menghapus akun tersebut secara permanen dan menghindari penggunaan yang tidak bertanggung jawab dari peretas.

Berikut ini cara lengkapnya:

  1. Langkah pertama ketika akun kamu terkena aksi peretasan, maka segera hubungi pihak Shopee. Terutama jika akun tersebut memiliki saldo ShopeePay yang banyak ataupun akun terkait toko yang kamu kelola.
  2. Kemudian, isi nomor HP kamu dengan pulsa minimal Rp20 ribu atau lebih banyak lebih bagus. Pasalnya, kamu harus menelepon ke pihak Shopee agar segera ditangani. Kamu bisa menelepon ke nomor 1500702.
  3. Lakukan telepon ke nomor tersebut dan sampaikan serta mintalah agar akun Shopee yang diretas bisa ditutup secara permanen.
  4. Kamu bisa menyampaikan detail akun seperti nama akun, username, email, nomor HP, dan lain-lain. Biasanya juga diminta foto selfie sebagai bukti pemilik asli.

Cara menghapus akun Shopee bisa kamu lakukan dengan mudah jika syarat-syaratnya sudah dipenuhi. Pastikan sudah siap dengan konsekuensinya seperti semua data akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Loading...