Cara Mengetahui HP Sudah di Root atau Belum

Cara Mengetahui HP Sudah di Root
Loading...

Cara Mengetahui HP Sudah di Root – Root adalah proses perizinan dimana Anda bisa mendapatkan kontrol yang lebih tinggi terhadap perangkat smartphone Android. HP yang sudah di root Anda bisa Anda dideteksi dan berikut ini cara mengetahui HP sudah di root terlengkap.

Mengetahui HP yang sudah di root sangat penting untuk mencegah resiko kerugian di kemudian hari.

Dengan mengetahui HP yang sudah di root Anda terhindar dari dampak buruk HP root mulai dari rentan terkena virus hingga status ponsel yang tidak memiliki garansi. 

Cara Mengetahui HP Sudah Di Root

1. Cara Mengetahui Lewat Aplikasi

Mengetahui kondisi HP apakah sudah di root atau belum bisa melalui aplikasi bernama Root Checker.

Aplikasi ini mampu memberikan informasi yang lengkap mengenai apakah ponsel sudah pernah di root atau tidak dengan cepat.

Berikut cara mengetahuinya menggunakan aplikasi Root Checker:

  1. Unduh aplikasi Root Checker di ponsel Anda.
  2. Jika sudah selesai terunduh silakan buka aplikasi Root Checker dan tab tombol “Agree” yang berada di aplikasi.
  3. Langkah selanjutnya pilih opsi “Grant” dan tunggu beberapa saat.
  4. Nantinya Anda akan mendapatkan informasi mengenai hasil analisa aplikasi Root Checker. Hasil analisa yang diberikan informasi apakah HP sudah di root atau tidak.

2. Cara Mengetahui Dengan Jejak Digital

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui HP yang sudah di root dengan menelusuri jejak digital di ponsel.

Cara ini sangat ampuh dalam mengetahui apakah ponsel yang Anda punya sudah pernah di root atau tidak. Berikut cara lengkapnya:

  • Buka perangkat smartphone dan cari aplikasi KingRoot atau SuperSU.
  • Jika Anda menemukan aplikasi di smartphone, maka bisa dipastikan ponsel Anda telah di root. Alasannya karena kedua aplikasi tersebut berfungsi untuk membuat akses root di ponsel.

3. Cara Mengetahui Melalui Aplikasi Terminal

Cara mengetahui HP sudah di root selanjutnya adalah melalui aplikasi Terminal di Google Play Store atau situs penyedia aplikasi lainnya.

Cara ini bisa menjadi solusi untuk menjawab teka-teki apakah ponsel sudah pernah di root atau belum. Berikut cara selengkapnya:

  • Unduh aplikasi Terminal di ponsel Anda.
  • Buka Aplikasi Terminal dan perhatikan tanda yang muncul. Jika muncul tanda “#” maka kemungkinan besar HP sudah di root.
  • Di sisi lain jika terdapat tanda “$”, maka kemungkinan besar bisa smartphone Anda punya belum pernah di root.

Keuntungan Melakukan Root HP

Terdapat beberapa keuntungan yang Anda peroleh jika melakukan rooting pada ponsel Android. Keuntungan yang diperoleh berhubungan dengan kemampuan Anda untuk mengusai lebih banyak ponsel Android dibandingkan pengguna lainnya.

  1. Meningkatkan Kinerja Hardware Smartphone

Keuntungan yang bisa Anda peroleh saat melakukan root HP Android adalah meningkatkan kinerja hardware smartphone. Dengan melakukan root HP Android, Anda bisa melakukan overclock hardware Android sehingga meningkatkan kinerja perangkat keras HP.

Untuk melakukan overclock atau memaksa komponen smartphone bekerja lebih keras, Anda bisa mengunduh aplikasi tertentu yang tersedia di internet. Aplikasi tambahan akan membantu Anda untuk menggenjot kinerja ponsel menjadi lebih maksimal.

  • Menghapus Aplikasi Bawaan

Setiap membeli ponsel Android mungkin Anda merasa kesal karena ponsel terlalu banyak aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa melakukan root HP supaya bisa menghapus aplikasi bawaan yang ada di ponsel.

Menghapus aplikasi bawaan dapat membuat memori HP lebih lega. Selain itu Anda bisa mengganti aplikasi bawaan dengan aplikasi lain yang dirasa lebih banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Menghapus aplikasi bawaan merupakan salah satu keuntungan di hp yang sudah di root.

Loading...
  • Bisa Melakukan Custom Rom

Sekedar informasi Custom Rom memungkinkan Anda untuk mengatur supaya tampilan Android menjadi lebih bervariasi. Anda bisa membuat ponsel lebih personal karena tampilannya sesuai karakter Anda. Melakukan Custom Rom hanya bisa dilakukan di HP yang sudah di root.

Kerugian Melakukan Root Pada HP

Ada beberapa kerugian yang Anda dapatkan jika memiliki HP yang sudah di root. Kerugian ini sangat fatal karena berkaitan dengan keamanan data serta layanan purna jual yang Anda peroleh. Untuk lebih jelasnya berikut ini sejumlah kerugian terhadap HP yang sudah di root:

  1. HP Cepat Panas

Kerugian melakukan rooting pada HP adalah HP menjadi cepat panas. Peningkatan suhu pada HP ini terjadi karena Anda melakukan root HP sekaligus overclock hardware. HP menjadi bekerja lebih keras sehingga suhu ponsel bisa naik dengan cepat. Masalah ini jangan dibiarkan.

Pasalnya tidak menutup kemungkinkan HP Anda akan terbakar atau meledak karena suhu yang terlalu tinggi. Oleh karenanya tidak disarankan untuk melakukan root HP demi keamanan Anda.

  • HP Rentan Terkena Virus

Kerugian selanjutnya adalah HP rentan terkena virus. HP yang sudah di root mengakibatkan sistem keamanan di ponsel semakin menurun. Dampaknya ponsel bisa lebih rentan terkena virus bahkan mengalami peretasan data. HP pun semakin tidak nyaman dan aman saat digunakan.

Biasanya virus akan masuk ketika Anda mengunduh game atau mengunduh aplikasi di HP yang sudah di root. Virus berhasil masuk karena sistem keamanan di ponsel melemah akibat proses rooting yang Anda lakukan.

  • HP Tidak Dapat Garansi

Kerugian yang tidak kalah merepotkan adalah HP yang sudah di root tidak akan mendapatkan garansi resmi perusahaan. Anda tidak bisa mengajukan garansi jika terjadi kerusakan pada ponsel Anda.

Akibatnya Anda harus mengeluarkan biaya yang mahal jika terjadi kerusakan. Kerugian ini berakibat jangka panjang dan sangat menyusahkan Anda. Kerugian ini akan berdampak pada kondisi keuangan Anda.

  • HP Terkena Bootlop

Bootlop menjadi fenomena yang sering terjadi jika Anda gagal melakukan aktivasi root. Bootlop adalah fenomena dimana HP tiba-tiba tidak menyala untuk waktu yang tidak bisa ditentukan. Terkadang HP kembali menyala namun tidak sedikit yang akhirnya harus menerima kenyataan.

Para pengguna harus menerima kenyataan bahwa ponsel mengalami kerusakaan yang tinggi sehingga harus dibawa ke tempat reparasi ponsel. 

  • Aplikasi dan Game Mengalami Error

Kerugian yang tidak kalah menyusahkan adalah aplikasi dan game sering mengalami error atau gangguan. Banyak kasus yang melaporkan bahwa HP yang sudah di root justru mengalami gangguan di bagian aplikasi dan game.

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian HP yang sudah di root maka Anda harus mengetahui apakah HP sudah di root atau tidak.

Informasi mengenai cara mengetahui HP sudah di root sangat penting untuk diketahui, karena HP yang sudah di root bisa merugikan Anda. Oleh karenanya Anda harus cermat memilih HP supaya tidak salah beli.

Di sisi lain bagi yang ingin melakukan root HP, dimohon untuk berpikir mengenai keuntungan dan kerugian root HP.

Jika dirasa kerugian yang diterima terlalu besar maka lebih baik untuk tidak melakukan root di HP Anda demi meminimalisir resiko yang diterima.

Loading...