Cara Mengatasi WhatsApp Yang Diblokir

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Diblokir
Loading...

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Diblokir – Setiap aplikasi di ponsel yang digunakan tentu memiliki aturan khusus, tidak terkecuali WhatsApp.

Pihak WhatsApp bisa saja melakukan blokir terhadap akun tertentu karena menyalahi aturan penggunaan. Cara mengatasi WhatsApp yang diblokir sebenarnya tidak terlalu susah.

Ini tergantung dari kasus pemblokiran yang sedang Anda hadapi, mengingat WhatsApp memiliki dua tipe pemblokiran.

Jika Anda melakukan pelanggaran berat yang tidak dapat ditoleransi, maka solusi penyelesaiannya cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

Penyebab Akun WhatsApp Diblokir

Sebelum beralih ke tipe pemblokiran akun WA, ada baiknya Anda mempelajari faktor penyebab akun diblokir.

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah pengguna menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi dari officialnya.

Umumnya aplikasi WhatsApp resmi hanya bisa diunduh melalui Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.

Jika pengguna menggunakan aplikasi WA diluar store resmi, maka kemungkinan besarnya dapat terblokir.

Sekalipun WA yang digunakan merupakan backup dari aplikasi resminya. Lebih parah lagi jika pengguna menggunakan aplikasi WA yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga. Contohnya disini ada GB WhatsApp, WhatsApp Plus dan lain sebagainya.

Para developer pihak ketiga mengembangkan dari versi aslinya dan keamanannya tidak terjamin seperti pada WhatsApp.

Hal inilah yang membuat sistem WhatsApp mendeteksi adanya keanehan dalam sistem yang dibuat secara resmi dan terjadilah pemblokiran akun.

Tipe Pemblokiran Akun WhatsApp

1. Pemblokiran Sementara

Tipe pertama adalah pemblokiran sementara yang terjadi karena penggunaan aplikasi tidak resmi seperti yang telah dijelaskan pada penyebab tadi.

Pemblokiran sementara memiliki durasi waktu yang berbeda-beda untuk setiap akun yang diblokir tergantung tingkat keparahannya.

Ada pengguna yang diblokir selama 24 jam, ada juga pengguna yang diblokir selama beberapa hari. Selama masa pemblokiran, pengguna tidak bisa mengakses WhatsApp sekalipun dan harus menunggu pemblokiran selesai.

2. Pemblokiran Permanen

Jika sebelumnya Anda pernah mendapatkan pemblokiran sementara dan terjadi kasus pelanggaran penggunaan lagi, maka tidak menutup kemungkinan pihak WhatsApp akan melakukan pemblokiran secara permanen.

Apabila terjadi pemblokiran permanen maka akan sulit untuk mengembalikannya dan Anda perlu melakukan kontak ke pihak WhatsApp secara resmi dengan mengirimkan email. Proses pemulihan akun ini bisa dikatakan lebih lama dibandingkan yang sementara.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir Terbaru

1. Alur Pemblokiran Sementara

A. Menunggu Berakhirnya Masa Pemblokiran

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika setiap akun yang diblokir akan memiliki masa aktif yang berbeda-beda.

Anda hanya perlu menunggu sampai masa pemblokiran berakhir dan jangan sekali-kali melakukan uninstall aplikasi tersebut.

Pasalnya jika aplikasi terhapus, Anda tidak akan mengetahui apakah blokir masih berlangsung atau sudah selesai. Ini sangat penting karena akan mempengaruhi penggunaan akun WhatsApp Anda kedepannya.

B. Melakukan Backup Chat

Jika proses pemblokiran ternyata sudah berakhir, segera lakukan backup chat dari aplikasi WA yang saat ini Anda gunakan (tidak resmi).

Proses backup chat sebaiknya dilakukan dengan jaringan internet yang mendukung jika melakukan backup ke Drive sekaligus. Berikut caranya :

  1. Jika menggunakan GB WhatsApp, klik menu Opsi Lainnya, pilih Chat kemudian Cadangkan Chat.
  2. Pastikan Anda juga melakukan backup chat ke Google Drive dan tunggu sampai proses backup selesai.
  3. Sekarang keluar dari aplikasi, kemudian masuk ke File Manager.
  4. Cari folder GB WhatsApp di File Manager, tepatnya di Memori Internal.
  5. Jika sudah ditemukan, pilih folder GB WhatsApp, kemudian cari opsi Rename untuk mengubahnya menjadi “WhatsApp” saja.
  6. Setelah diubah, keluar dari File Manager.

C. Install Aplikasi Resmi

Loading...

Apabila Anda telah melakukan backup sekaligus mengubah nama folder WA yang digunakan sebelumnya, langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi resmi. Anda bisa menggunakan WA standar atau bisnis sekalipun.

D. Login ke WA Resmi

Jika sudah terinstall, lakukan login ke aplikasi WA resmi menggunakan nomor yang digunakan di WhatsApp sebelumnya. Selanjutnya tinggal melakukan verifikasi seperti pada umumnya dan ikuti petunjuknya sampai berada di step Restore Chat.

E. Restore Chat

Pada halaman Restore Chat, Anda bisa memilih opsi Restore from Latest Backup atau Restore from Google Drive. Pilih salah satu yang dianggap paling mudah dan cepat, kemudian tunggu sampai prosesnya selesai.

F. Hapus WA Tidak Resmi

Apabila Anda sudah berhasil login ke aplikasi WhatsApp resmi dan chat sudah restore seluruhnya, maka bisa menghapus aplikasi WA sebelumnya. Lakukan uninstall pada aplikasi WA yang tidak resmi agar tidak terjadi pemblokiran lagi.

Pastikan setelah menggunakan aplikasi WhatsApp resmi tidak menggunakan aplikasi WA dari developer lain.

Hal-hal seperti ini bisa membuat akun WhatsApp Anda akan terblokir secara permanen dan mau tidak mau harus mengganti nomor.

2. Solusi Pemblokiran Permanen

Apabila terjadi pemblokiran secara permanen ketika akun WhatsApp dibuka, mau tidak mau Anda harus mengirimkan email ke developer WhatsApp.

Email tentunya harus ditulis menggunakan bahasa Inggris dan menjelaskan detail permasalahannya. Berikut caranya :

  1. Buka aplikasi email masing-masing.
  2. Buat email baru, kemudian pada bagian To: , isikan [email protected] (pada pengguna iPhone mungkin sedikit berbeda).
  3. Pada kolom Subject: isikan My WhatsApp Account was Banned.
  4. Selanjutnya Anda tinggal mengisikan body email dan menjelaskan masalah yang terjadi sedetail-detailnya.
  5. Lampirkan bukti foto atau sejenisnya untuk memperkuat laporan tersebut.
  6. Jika sudah, klik Send dan tunggu balasan dari pihak WhatsApp.

Cara Menghindari Pemblokiran dari WhatsApp

1. Gunakan Aplikasi Resmi

Satu yang sudah jelas harus ditaati oleh pengguna tidak lain adalah menggunakan aplikasi resmi. Bagi pengguna Android bisa mengunduh melalui Play Store, sedangkan pengguna iPhone bisa melalui App Store.

Meskipun pada dasarnya pengguna Android bisa menggunakan aplikasi WA dari pengembang pihak ketiga dengan berbagai fitur yang fantastis, tetap saja harus dihindari.

Jika memang ingin menggunakan aplikasi WA lain, sebaiknya menggunakan nomor cadangan.

Tujuannya adalah apabila suatu saat terjadi pemblokiran, maka nomor utama tidak akan terblokir. Namun jika tetap ingin menggunakan nomor utama, maka harus siap dengan risiko pemblokiran, baik sementara maupun permanen.

2. Lakukan Update Berkala

Dalam beberapa waktu sekali, pihak WhatsApp umumnya akan memperbarui aplikasi secara berkala, baik itu dari segi keamanan dan lain sebagainya.

Sangat penting untuk melakukan update berkala agar sistem mendeteksi bahwa Anda benar-benar menggunakan aplikasi resmi.

Ini karena sebagian aplikasi WA dari luar jarang yang mendapatkan update sistem secara berkala. Artinya adalah sistem yang digunakan masih menggunakan versi lama dan tidak menutup kemungkinan ada celah keamanan yang berbahaya.

3. Pahami Kebijakan Privasi dan Penggunaan

Terakhir yang tidak kalah penting adalah memahami kebijakan privasi dan penggunaan aplikasi WhatsApp tersebut, baik itu WA original ataupun bisnis.

Jangan sekali-kali mencoba melanggar peraturan yang telah ditetapkan karena bisa berakibat banned.

Kebijakan privasi dan penggunaan memang cukup panjang dan melelahkan ketika dibaca, namun ini sangat penting untuk semua orang. Alangkah baiknya Anda memahami setiap poin yang dibahas dan aturan yang berlaku.

Pembahasan cara mengatasi WhatsApp yang diblokir ini memberikan pelajaran bahwa Anda perlu menggunakan aplikasi remi untuk sekelas developer besar seperti WhatsApp dan lainnya. Jika menggunakan aplikasi tidak resmi, maka harus menanggung segala bentuk resikonya.

Loading...