7 Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh
Loading...

Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh – Layar HP Xiaomi terkadang sulit untuk disentuh karena beberapa alasan. Pertama, HP mengalami hang sehingga sulit disentuh.

Selain itu, HP sering terjatuh sehingga kemungkinan terjadi masalah hardware. Untuk mengatasinya, penting tahu cara mengatasi layar HP Xiaomi tidak bisa disentuh.

Supaya bisa kembali seperti sediakala, kamu harus mengetahui apa saja permasalahan yang terjadi. Jadi solusi yang nantinya diberikan bisa lebih tepat sasaran.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan salah satu dari yang akan dibahas di bawah ini.

Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Ada beberapa cara mengatasi layar HP Xiaomi tidak bisa disentuh. Kamu bisa menggunakan salah satu di bawah ini sesuai dengan kebutuhan:

1. Melepas Pelindung Layar

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar HP Xiaomi tidak bisa disentuh adalah dengan melepas bagian pelindung layar. Biasanya, ponsel Xiaomi yang baru saja dibeli akan memiliki pelindung layar yang terkadang bisa mengganggu masalah touchscreen.

Selain itu, bisa juga pelindung layar tambahan yang diberikan sebagai aksesoris menjadi pemicunya. Langkah terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melepas pelindung layar itu lalu membiarkan layarnya langsung tersentuh dengan tangan.

Biasanya, dengan menggunakan cara tersebut masalah sensitivitas pada layar bisa diatasi. Jadi saat menggunakannya tidak akan ada delay sehingga berbagai jenis operasi di layar bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

2. Lakukan Restart HP

Cara mengatasi layar HP Xiaomi tidak bisa disentuh selanjutnya adalah dengan melakukan proses restart HP terlebih dahulu. Terkadang macet pada layar bisa terjadi karena ada masalah pada sistem dan juga hardware yang dimiliki oleh ponsel.

Misalnya, kamu baru saja menggunakan HP untuk melakukan proses penyuntingan video atau bermain game dengan kualitas HD. Kemungkinan besar masalah lemot ataupun layar tidak bisa disentuh akan terjadi sehingga butuh melakukan proses restart.

Pada beberapa hal, ponsel juga harus dilepas memori dan juga nomor HP yang terpasang di sana. Dengan begitu, masalah pada layar bisa diatasi dengan lebih mudah.

3. Membersihkan dengan Baik

Pastikan untuk selalu membersihkan layar secara rutin setiap harinya. Layar yang terlalu kotor bisa menyebabkan delay saat ditekan. Bahkan, bisa memicu masalah seperti beberapa bagian layar sama sekali tidak merespon.

Loading...

Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan tisu kering dan tidak disarankan dengan menggunakan tisu basah hingga berkali-kali. Mau bagaimanapun, tisu basah akan mengandung air dan layar juga tersambung dengan listrik sehingga bisa menyebabkan gangguan korsleting.

4. Mengeringkan Layar dengan Sempurna

Layar yang sering mengalami basah bisa menyebabkan, masalah seperti penurunan sensitivitas sehingga tidak bisa digerakkan dengan baik. Apabila layar sering mengalami basah, kamu wajib membersihkannya secara rutin dengan menggunakan tisu kering.

Pastikan bagian layar tidak mengalami basah atau lembab hingga berjam-jam. Dikhawatirkan hal itu bisa masuk ke dalam sistem sehingga terjadi masalah seperti konsleting dan layar tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

5. Bersihkan Memori HP

Kamu harus rutin membersihkan memori HP karena apabila memorinya penuh kemungkinan besar akan membebani sistem operasi. Memori yang penuh juga berpengaruh pada layar sehingga responnya akan mengalami penurunan.

Cara paling mudah untuk membersihkan memori HP adalah dengan menghapus beberapa data yang tidak dibutuhkan kembali. Selain itu, bisa juga melepas atau melakukan uninstall pada aplikasi yang jarang sekali dipakai.

6. Dicek dengan Alat Kalibrasi

Kamu bisa menggunakan alat yang digunakan untuk melakukan kalibrasi pada layar. Dengan menggunakan alat ini, maka layar bisa dicek apakah masih bisa disentuh atau tidak.

Pengecekan juga akan menentukan langkah apa yang bisa kamu lakukan apakah hanya dengan menggunakan beberapa cara sederhana diatas atau perlu melakukan servis.

7. Dibawa ke Tukang Servis

Kamu bisa membawa ponsel ke tukang servis apabila berbagai cara yang sudah dilakukan di atas tidak bisa menyembuhkan gangguan. Apalagi ponsel yang kamu miliki baru saja tercebur ke air atau baru saja terjatuh dari ketinggian sehingga Ada kemungkinan terjadi masalah pada hardware.

Jika terjadi masalah pada hardware biasanya hanya perlu dilakukan beberapa hal seperti membersihkan saja atau mengganti layar baru. Penggantian layar baru tentu membutuhkan biaya yang lebih besar sehingga kamu harus berhati-hati jika menggunakan HP.

Apalagi saat ini layar dari HP bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Apabila mengalami rusak, otomatis HP tidak akan bisa digunakan sama sekali.

Apabila berbagai cara yang sudah dilakukan di atas tidak bisa mengatasi masalah secara sempurna, berarti harus dibawa ke ahlinya. Mau tidak mau, harus dibawa ke tukang servis untuk dibuka lalu diperbaiki sambungannya atau diganti layarnya terlebih dahulu.

Cara mengatasi layar HP Xiaomi tidak bisa disentuh ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mengetahui masalah apa yang terjadi pada HP tersebut, lalu memanfaatkan beberapa cara yang sudah dibahas di atas mulai dari yang paling mudah.

Loading...