5 Cara Membuka Pola HP Oppo yang Lupa 100% Berhasil

Cara Membuka Pola HP Oppo
Loading...

Bagi para pengguna HP Oppo mungkin masih bingung bagaimana cara membuka Pola HP Oppo yang lupa. Karena masalah lupa pola sebenarnya bisa terjadi kapan saja dan sangat mendadak. Oleh karena itu Anda harus tahu bagaimana saja cara mengatasinya mulai sekarang.

Jangan sampai tidak tahu cara mengatasinya yang hanya akan membuat HP tidak bisa digunakan sama sekali. Apalagi jika HP itu untuk bisnis, maka harus segera dibuka kembali.

Cara Membuka HP Oppo Lupa Pola

Keberadaan keamanan pribadi dengan model pola memang sangat membantu sekali. Data di dalam HP Anda tidak akan mudah dilihat oleh orang lain yang jahil. Selain itu pola ini juga akan menjaga HP Anda saat diambil orang lain.

Sehingga pencuri itu tidak akan bisa membuka HP Anda karena sudah ada pola kuncinya. Tapi masalahnya datang ketika Anda sendiri yang justru lupa dengan polanya. Tentu Anda akan bingung dan ingin segera bisa menyelesaikan masalah ini.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membuka pola HP Oppo yang lupa. Berikut ini cara lengkapnya:

1. Menu Forgot Password

Cara pertama ini bisa Anda lakukan dengan cukup mudah dan cepat. Karena prosesnya juga langsung bisa Anda temukan ketika ada di halaman pola HP Oppo. Jadi tidak perlu bingung mencari menu Forgot Password ketika Anda lupa pola. Ini cara menggunakannya:

  1. Langkah pertama pastikan dulu bahwa HP Oppo yang lupa pola tersebut tersambung ke jaringan internet. Bisa menggunakan WiFi maupun dari data seluler.
  2. Kalau HP Anda tidak terhubung, bisa mencoba menggeser bilah notifikasi ke bawah. Biasanya walaupun lupa pola, Anda tetap bisa mengaktifkan atau mematikan datanya.
  3. Setelah memastikan HP terhubung internet, berikutnya kembali ke halaman pola dan cari saja menu yang ada tulisannya “Lupa Sandi” atau juga “Forgot Password” dan bisa “Forgot Pattern”. Cari saja tombol yang ada tulisannya Forgot.
  4. Berikutnya Anda akan dikirim ke halaman baru untuk login menggunakan akun Google. Masukkan saja informasi login akun Google yang juga tersambung ke HP Oppo yang lupa pola.
  5. Lalu jika Anda memasukkan informasi login Google dengan benar, otomatis HP Oppo yang lupa pola bisa dibuka otomatis tanpa menggunakan pola lagi.
  6. Langkah terakhir hapus dan ubah pola sandi dengan segera agar tidak mengalami masalah lagi.

Kunci utama kalau Anda ingin mengatasi masalah lupa pola pada HP Oppo adalah harus tahu informasi akun Google. Tanpa mengetahui informasi itu, Anda tidak akan bisa masuk ke HP Oppo lagi seperti biasa.

2. Lewat Panggilan Telepon

Kalau Anda merasa kesulitan untuk masuk ke dalam HP Oppo yang lupa pola dengan cara sebelumnya, bisa mencoba lewat panggilan telepon. Cara ini sebenarnya bisa Anda lakukan dengan cukup mudah dan cepat.

Loading...

Tapi harus menyiapkan satu HP lagi yang ada pulsanya untuk bisa melakukan panggilan telepon ke HP target. Berikut panduannya:

  1. Pertama siapkan satu HP yang berisi pulsa dan pastikan juga Anda hafal nomor provider yang terpasang di HP lupa pola.
  2. Setelah itu lakukan panggilan menuju ke nomor yang terpasang di dalam HP target.
  3. Ketika mulai ada panggilan yang masuk ke HP target, tekan tombol “Home” dan Anda akan bisa masuk ke dalam menu utama.
  4. Segera masuk ke dalam menu “Pengaturan” atau “Settings”.
  5. Berikutnya bisa mengaktifkan data seluler agar HP bisa segera dibuka kembali.
  6. Untuk cara selanjutnya bisa masuk menggunakan akun Google seperti yang Anda lakukan pada cara pertama tadi.
  7. Jika sudah berhasil masuk seperti biasa, ubah semua kata sandi termasuk pola.

3. Lewat ADB

Masih ada cara lain jika Anda gagal membuka HP Oppo yang lupa dengan langkah di atas. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi laptop bernama ADB.

Ini merupakan singkatan dari Android Debug Bridge yang membantu proses pembukaan HP yang lupa pola. ABD adalah sebuah aplikasi alat baris perintah yang punya banyak manfaat. Penggambarannya Anda bisa berkomunikasi langsung dengan HP lewat aplikasi ini.

Berikut langkah membuka pola lewat ADB:

  1. Cara pertama siapkan dulu laptop Anda dan juga kabel data bawaan dari Oppo.
  2. Setelah itu download dan instal dulu aplikasi ADB ke dalam laptop. Pastikan aplikasi bisa berjalan dengan normal tanpa masalah
  3. Berikutnya, masukkan kabel USB atau kabel data ke HP Oppo yang lupa pola dan sisi satunya masukkan ke port di laptop.
  4. Cek ke dalam laptop, tepatnya pada “Device Manager”, dan pastikan laptop bisa mengenali perangkat HP Oppo tersebut.
  5. Lalu buka dan jalankan aplikasi ADB di laptop sampai terbuka sebuah CMD dari ADB.
  6. Di halaman CMD warna hitam tersebut, ketik dengan “adb shell rm /data/system/gesture.key” tanpa tanda petik. Lalu bisa menekan tombol Enter yang ada di keyboard.
  7. Aplikasi akan menjalankan tugasnya dan tunggu sampai HP Oppo Anda mengalami Restart ulang.
  8. Kalau proses ini berhasil, maka setelah Restart selesai semua kunci pola yang ada sebelumnya akan terhapus dan HP bisa dibuka seperti biasa.

4. Lewat ADM

Selain ADB, Anda juga bisa mencoba menggunakan ADM untuk membuka HP Oppo yang lupa pola. Ini adalah Android Device Manager yang umumnya digunakan untuk melacak HP. Tapi ternyata bisa juga untuk membuka kunci pola Oppo. Ini cara penggunaannya:

  1. Buka dan jalankan laptop Anda.
  2. Lalu buka aplikasi browser yang ada di laptop.
  3. Pada kolom url keitk dengan “https://google.com/android/devicemanager/”.
  4. Setelah berhasil masuk ke dalam situs, masuk saja menggunakan akun Google yang juga sudah terhubung dengan HP Oppo yang lupa pola.
  5. Perhatikan tiga pilihan di dalamnya setelah selesai login, ada “Deringkan”, “Kunci”, dan juga “Hapus”. Pada tahap ini Anda bisa memilih “Kunci” atau “Lock” dalam bahasa Inggris.
  6. Jika ada masalah HP tidak terdeteksi, bisa refresh halaman tersebut menggunakan tombol “F5” keyboard”.
  7. Kalau Anda sudah memilih Lock, maka muncul pilihan memasukkan password yang baru. Lakukan penggantian pada pola dan juga kata sandinya sesuai selera.
  8. Isikan kata sandi baru di dalam kolom yang sudah ada dan klik tombol dengan tulisan “Kunci”.
  9. Restart” pada tombol yang ada dan kemudian masukkan pola dan kata sandi sesuai yang baru.

5. Lewat Hard Reset

Sepertinya kalau dari semua cara membuka HP Oppo lupa pola dia atas tidak ada yang berhasil, mau tidak mau Anda harus menggunakan cara hard reset. berikut caranya:

  1. Pertama cek dan pastikan kalau sisa baterai HP di atas 60%.
  2. Setelah itu matikan HP Anda.
  3. Berikutnya saat HP sudah mati, tekan tombol “Power” dan tombol “Volume Bawah” bersama-sama. Tetap tekan tombol itu beberapa saat sampai Anda masuk ke dalam menu baru bernama “Recovery Mode”.
  4. Geser menggunakan tombol volume atas dan bawah serta power untuk memilihnya.
  5. Pilih opsi “Wipe Data” dan tunggu sampai selesai.
  6. Geser dan pilih “Reboot” dan pola sudah berhasil dihapus.

Cara membuka HP Oppo lupa pola ada banyak sekali. Cobalah yang memiliki risiko paling kecil. Kalau masih gagal, siapkan backup data dan lakukan cara hard reset.

Loading...