Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Loading...

Cara membatalkan pesanan di Shopee bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah pembatalan pesanan yang belum dibayar. Kedua adalah pembatalan pesanan yang sudah dibayar atau sedang dalam kondisi dikemas oleh penjualnya.

Pembatalan pesanan bisa dilakukan oleh pembeli atau bisa juga dilakukan oleh penjual. Meski sama-sama bisa melakukan pembatalan, ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan. Simak prosedur selengkapnya terkait dengan cara membatalkan pesanan di Shopee di bawah ini.

Syarat Pembatalan Pesanan

Ada beberapa syarat pembatalan pesanan yang harus diperhatikan dengan baik. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Pembatalan Semua

Apabila pembeli sudah melakukan transfer dana untuk melakukan pembayaran. Lalu status dari pesanan sudah dikemas atau belum dikirim, pembatalan tidak bisa dilakukan sebagian saja. Misalnya, hanya ingin membatalkan pesanan pada satu jenis barang saja karena salah.

Hal senada juga berlaku pada penjual yang ingin membatalkan salah satu pesanan. Misalnya, ada salah satu produk yang stoknya habis sehingga harus dibatalkan. Penjual tidak bisa membatalkan salah satu karena harus membatalkan seluruhnya apabila pesanannya ada banyak.

Itulah kenapa harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Pembeli harus memiliki inisiatif untuk menanyakan stok terlebih dahulu kepada penjual. Apabila semua barang sudah ready dan sesuai, bisa langsung melakukan transaksi.

2. Pembatalan Sebagian

Apabila kamu belum melakukan pembayaran dan baru akan melakukan transfer, pembatalan bisa dilakukan sebagian saja. Misalnya, kamu tidak akan membeli salah satu produk atau ingin menambahkan jumlah dari produk yang akan dibeli.

Cara ini bisa dilakukan sehingga pembatalan bisa sesuai dengan kebutuhan. Proses pembatalan bisa berlangsung secara sepihak, tanpa perlu proses persetujuan dengan penjual.

3. Pembatalan Hanya Sekali

Proses pembatalan hanya bisa dilakukan sekali setiap melakukan transaksi. Pembatalan berkali-kali tidak bisa dilakukan, kecuali kamu membeli produk baru dengan nomor transaksi yang berbeda. Meski demikian, pastikan terlebih dahulu produk yang akan dibeli agar tidak melakukan pembatalan.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang ingin membatalkan pesanan di Shopee. Untuk melakukan hal ini, maka penting untuk tahu cara membatalkan pesanan.

Loading...

Cara membatalkan pesanan di Shopee bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama saat transaksi belum dibayar dan kedua saat transaksi sudah dibayar atau dalam kondisi dikemas.

1. Pembatalan Transaksi Belum Dibayar

Saat selesai melakukan pemesanan maka kamu bisa memilih jenis rekening apa atau metode pembayaran yang digunakan. Biasanya, akan ada batasan waktu hingga akhirnya pesanan dibatalkan secara otomatis.

Untuk melanjutkan transaksi, biasanya kamu harus melakukan transfer sesuai dengan tanggal yang ditentukan. Tetapi, jika ingin membatalkan secara manual bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke dalam tab Saya.
  2. Setelah itu, tekan pada menu Belum Dibayar.
  3. Pilih salah satu transaksi yang ingin dibatalkan.
  4. Masuk ke dalamnya, lalu geser ke bawah sampai menemukan tombol batalkan pesanan.
  5. Setelah menekannya, kamu harus menjawab apa alasan membatalkan pesanan tersebut.
  6. Setelah itu, proses pembatalan akan selesai dan transaksi itu akan dianggap selesai atau gagal.

Proses pembatalan ini bisa dilakukan pada semua barang yang ada dalam satu kali transaksi atau sebagian saja. Jadi kamu bisa melakukan proses edit terlebih dahulu.

2. Pembatalan Transaksi Sudah Dibayar

Apabila sudah melakukan pembayaran, proses pembatalan bisa dilakukan oleh dua belah pihak yaitu penjual atau pembeli.

  • Pembatalan Pembeli

Pembatalan yang dilakukan oleh pembeli bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke dalam tab Saya.
  2. Selanjutnya, kamu bisa menekan tombol Dikemas.
  3. Setelah masuk ke dalamnya, kamu bisa memilih salah satu transaksi yang ini dibatalkan.
  4. Masuk ke dalamnya, lalu gulir ke bawah sampai menemukan mengajukan pembatalan.
  5. Kamu bisa menyisihkan itu ditambah dengan beberapa alasannya.

Proses pembatalan ini tidak bisa berjalan secara langsung karena membutuhkan waktu untuk verifikasi atau persetujuan dari penjual. Jadi selain melakukan pembatalan sendiri, ada baiknya menghubungi penjual agar prosesnya bisa cepat.

  • Pembatalan Penjual

Pembatalan penjual bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Masuk ke Toko Saya.
  2. Selanjutnya, cek berbagai jenis transaksi yang sudah terjadi khususnya yang meminta proses pengemasan.
  3. Cek salah satu yang kemungkinan besar stoknya habis sehingga harus dibatalkan.
  4. Masuk ke dalamnya, lalu bisa menekan tombol pembatalan.
  5. Apabila sudah dibatalkan oleh pembeli, maka kamu bisa merespon atau menjawabnya apakah setuju atau ditolak.

Melakukan komunikasi dengan baik antara penjual dan pembeli sangat menentukan proses pembatalan ini bisa berjalan dengan baik atau tidak. Jadi pastikan untuk melakukan komunikasi dengan baik dan selalu mengutamakan sopan santun.

Cara membatalkan pesanan di Shopee bisa dilakukan apabila kamu belum melakukan pembayaran. Apabila menggunakan cara ini maka tidak akan kehilangan dana atau dana tidak akan tersangkut karena baru dalam tahap akan melakukan transfer. Berbeda hal jika sudah transfer.

Loading...