Cara Cek Kuota Indihome

Cara Cek Kuota Indihome Lewat Android & Web

Loading...

Memahami cara cek kuota indihome sangat penting karena meski menggunakan unlimited, ada FUP yang diterapkan. Apabila internet yang digunakan melebihi batas itu, akan ada penurunan kecepatan dengan besaran beberapa persen sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Biasanya penurunan ini dilakukan hingga maksimal 40% dari kecepatan awal yang dimiliki. Penurunan ini tentu akan mempengaruhi aktivitas pekerjaan karena proses untuk download atau upload akan mengalami gangguan. Untuk itu, cek kuota indihome secara berkala.

Cara Cek Kuota Indihome dengan Mudah

Mengecek kuota indihome sangat penting untuk menghindari adanya penurunan kecepatan. Untuk itu, gunakan cara cek kuota indihome di bawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi My Indihome

Cara paling mudah untuk mengecek kuota atau batas pemakaian wajar pada indihome yang Anda gunakan adalah memanfaatkan aplikasi My Indihome. Ikuti langkah dibawah ini untuk melakukan proses pengecekan.

  1. Unduh aplikasi My Indihome terlebih dahulu.
  2. Setelah mengunduhnya buka aplikasi tersebut dan lakukan login untuk masuk ke dalam akun.
  3. Untuk melakukan login, Anda bisa memasukkan user berupa email dan juga kata sandinya. Anda akan mendapatkan ini saat pertama kali melakukan pendaftaran paket indihome.
  4. Setelah masuk ke dalam menu utama, cek bagian Paket Anda.
  5. Akan ada informasi berapa jumlah data yang sudah digunakan dan batas FUP.

Apabila kuota yang ada di sana masih besar. Kecepatan internet yang Anda miliki tidak akan diturunkan. Apalagi jumlah kuota yang Anda miliki sangat besar karena paket yang dipilih di atas 50 Mbps.

Gunakan kuota yang tersedia sebaik mungkin agar tidak mubazir. Apabila kuota setiap bulan yang tersisa selalu banyak, ada baiknya untuk memilih paket dengan kecepatan lebih rendah agar sesuai dengan kebutuhan.

2. Website Indihome

Cara kedua untuk melakukan pengecekan kuota dari indihome bisa dilakukan dengan masuk ke website. Langkah di bawah ini untuk melakukan pengecekan.

  1. Gunakan browser yang ada pada ponsel atau browser pada komputer.
  2. Apabila menggunakan komputer milik orang lain disarankan memakai mode incognito.
  3. Masuk ke dalam situs indihome.co.id melalui browser.
  4. Setelah masuk ke dalamnya Anda bisa melakukan login. Masukkan kata kunci berupa email dan juga kata sandinya.
  5. Dari sana Anda bisa melihat paket yang dimiliki mulai dari internet hingga telepon. Cek bagian internet.
  6. Akan terlihat berapa jumlah kuota yang sudah digunakan. Lalu berapa batas pemakaian wajar yang sudah ditetapkan.

Dengan menggunakan cara ini anda bisa mengecek secara langsung penggunaan data harian dan juga bulanan. Kontrol rutin bisa dilakukan sehingga Anda tidak akan melampaui batas pemakaian wajar dan FUP 1 agar kecepatan tidak diturunkan hingga 40%.

Mengenal Penerapan FUP Indihome

Seluruh paket yang ditawarkan oleh Telkom khususnya pada layanan indihome memang bisa digunakan tanpa ada batas sama sekali. Anda bisa melakukan download sepuasnya meski akan ada batas penggunaan wajar atau FUP.

Batas penggunaan wajar ini umumnya berbeda-beda setiap paket yang. Bisa saat mengambil paket dengan kecepatan 20 Mbps, batas pemakaian wajar nya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan paket 30 Mbps.

Apabila Anda menggunakan paket 20 Mbps, batas pemakaian wajar yang diterapkan sekitar 550 GB. Apabila lebih dari itu maka akan ada penurunan kecepatan menjadi 75% dari kecepatan awal.

Apabila batas pemakaian wajar kedua dilewati. Anda akan mengalami penurunan kecepatan lagi hingga 40% dari kecepatan awal yang dimiliki. Jika kecepatan awalnya 20 Mbps, saat ini akan menjadi 8 Mbps saja.

Cara Menghemat FUP Indihome

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat batas pemakaian wajar atau FUP yang dimiliki oleh indihome. Simak beberapa cara di bawah ini agar selama satu bulan bisa menikmati internet dengan lancar.

  1. Membatasi jumlah pengguna

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan penghematan kuota indihome adalah membatasi jumlah pengguna. Apabila di dalam rumah penggunanya ada banyak, batasi hanya beberapa orang saja yang bisa mengakses internet ini.

Loading...

Pengguna yang berkurang akan meminimalkan jumlah pemakaian kuota setiap harinya. Dari awal hingga akhir bulan kecepatan akan tetap stabil sehingga Anda tidak akan mengalami gangguan saat melakukan pekerjaan.

Apabila terpaksa jumlah pengguna tidak bisa, disarankan untuk menaikkan kecepatan dari paket yang diambil. Misal dari 20 Mbps menjadi 30 Mbps. Kenaikan ini akan menambah kuota.

Batas pemakaian wajar juga akan naik sehingga anda tidak perlu kebingungan. Walaupun nantinya diturunkan menjadi 75%, kecepatannya akan sama dengan paket awal yang Anda pilih sebelumnya yaitu 20 Mbps.

  1. Menerapkan login saat menggunakan internet

Beberapa orang bisa membagi jaringan yang dipakai jadi beberapa user. Anda membagi user menjadi dua. Pertama user yang digunakan untuk bekerja dan kedua user yang digunakan untuk melakukan aktivitas sehari yang termasuk untuk mendapatkan hiburan.

Bagi bandwidth dari paket yang sudah anda gunakan. Misal dengan 70% kecepatan pada user untuk bekerja dan sisanya untuk penggunaan standar. Dengan melakukan ini jumlah kuota yang disediakan tidak akan mudah habis.

  1. Melakukan pengecekan secara rutin

Lakukan pengecekan secara rutin setiap hari atau seminggu sekali. Pengecekan ini untuk melihat seberapa besar jumlah data yang dipakai dalam periode itu dan kira-kira berapa sisa yang dimiliki.

Dengan sisa yang dimiliki tersebut Anda bisa membagi sisa hari hingga waktu pembayaran. Misal kuota yang tersisa 100 GB. Sementara jumlah hari hanya tersisa 7 hari. Dalam sehari, pakai hanya 10-15 GB agar kecepatan tidak turun.

Apabila sudah terlanjur masuk ke FUP 1, pagi lagi sisa kuota yang tersedia. Hindari agar tidak masuk ke FUP 2, agar kecepatan tidak turun drastis menjadi 40% dari awal.

  1. Membatasi aktivitas download

Batasi aktivitas download jika anda ingin menghemat kuota atau FUP. Pembatasan ini akan sangat efektif karena sebagian besar data yang dipakai habis karena aktivitas download film, lagu, atau melakukan streaming dengan kualitas gambar yang cukup tinggi.

Sesekali melakukan download tidak masalah. Apalagi anda melakukannya untuk kebutuhan hiburan. Namun, disarankan untuk tetap mengawasi hal itu agar kecepatan tetap stabil dan tidak akan mengganggu Anda saat bekerja.

  1. Melakukan tracking penggunaan harian

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk melakukan penghematan adalah melakukan tracking. Anda bisa memasang aplikasi yang bisa mencatat penggunaan kuota harian pada komputer atau gadget yang dimiliki.

Dengan melakukan itu Anda bisa tahu dalam satu hari berapa banyak data yang digunakan. Pernah melakukan ini Anda tidak akan kebablasan dalam memanfaatkan semua data yang tersedia.

Memahami cara cek kuota Indihome akan memudahkan anda dalam melakukan kontrol koneksi yang dimiliki. Apalagi koneksinya digunakan berbagi dengan banyak orang dalam satu rumah maupun kantor. Peluang mendapatkan FUP sangat besar.

Melakukan pengecekan secara rutin akan membuat Anda bisa mengerem aktivitas yang tidak bermanfaat. Bisa terlalu sering melakukan streaming atau melakukan download film yang ukurannya sangat besar. Dengan begitu, cepatan internet akan tetap terjaga dari awal hingga akhir periode pembayaran.

Loading...

Artikel Terkait:

About the Author: Adila Kamilia