Daftar Aplikasi Bawaan Samsung yang Bisa Dihapus

Aplikasi Bawaan Samsung yang Bisa Dihapus
Loading...

Berikut ini adalah daftar aplikasi bawaan Samsung yang bisa dihapus untuk mengurangi beban pada memori yang selalu muncul notifikasi penuh.

Ketika membeli sebuah smartphone baru, biasanya di dalamnya sudah ada aplikasi bawaan atau yang biasa disebut dengan aplikasi bloatware. Aplikasi bloatware sendiri, berarti aplikasi yang kurang berguna atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali.

Untuk smartphone Samsung, tentunya Anda sudah tahu jika ada banyak aplikasi bawaan yang bahkan tidak tahu kegunaannya.

Namun, ternyata ada aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus karena alasan tertentu. Untuk itu, berikut ini daftar aplikasi bawaan Samsung yang bisa dihapus.

Daftar Aplikasi Bawaan Samsung yang Bisa Dihapus

  • ChatOn

ChatOn merupakan aplikasi pengirim pesan atau messenger besutan Samsung yang ada pada setiap produk Samsung. Aplikasi ini dapat digunakan untuk lintas platform dengan menggunakan koneksi jaringan internet.

Meskipun buatan Samsung sendiri, ternyata ChatOn juga bisa digunakan pada smartphone merk lain. Namun mengingat sangat jarang orang yang menggunakan aplikasi ini, maka disarankan untuk menghapusnya saja agar tidak membuat memori internet ponsel menjadi cepat penuh.

  • Samsung Kies

Samsung Kies adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat Samsung dengan PC. Aplikasi yang satu ini, menawarkan kemampuan untuk membuat cadangan data serta transfer data dengan mudah.

Namun, sebenarnya tanpa perlu menggunakan aplikasi ini, Anda tetap bisa menyambungkan perangkat ponsel dengan PC dengan menggunakan koneksi kabel data, bluetooth, maupun wireless.

Jadi disarankan untuk menghapus aplikasi ini karena penggunaannya bisa digantikan tanpa perlu aplikasi lain.

  • Galaxy Apps

Setiap produk Samsung, pasti memiliki aplikasi bawaan yang bernama Galaxy Apps. Sesuai dengan namanya, Galaxy Apps menyediakan berbagai macam produk resmi Samsung berupa aplikasi-aplikasi yang diciptakan secara khusus untuk ponsel Samsung.

Sayangnya tidak banyak aplikasi di Galaxy Apps yang sering dibutuhkan oleh pengguna, bahkan kebanyakan aplikasi yang tersedia tersebut berbayar. Jadi jika Anda merasa tidak terlalu membutuhkan aplikasi tersebut, maka hapus saja.

Loading...
  • S Planner

S Planner adalah sebuah aplikasi buatan Samsung yang memiliki fungsi utama untuk membuat jadwal. Dengan aplikasi ini, maka Anda dapat mengatur dan menata jadwal kegiatan pada kalender yang ada di dalamnya.

Namun, tentunya Anda sudah tahu jika pengingat atau memo dapat dibuat pada aplikasi kalender. Bahkan di dalam aplikasi kalender pun juga menyediakan fitur pengingat.

Jadi, sebenarnya kegunaan dari aplikasi S Planner tersebut sudah bisa di-backup oleh aplikasi Kalender bawaan di ponsel.

  • Samsung Billing

Jika dilihat dari namanya saja mungkin Anda sudah tahu, jika Samsung Billing merupakan aplikasi pembayaran yang dibuat oleh Samsung. Kegunaan dari aplikasi ini yakni menjadi perantara pembayaran untuk aplikasi yang dibeli dari Galaxy Apps.

Berhubung Anda tidak terlalu memerlukan aplikasi Galaxy Apps dan sudah memutuskan untuk menghapusnya, tentunya aplikasi ini sudah tidak memiliki kegunaan sama sekali.

Oleh sebab itu, hapus saja aplikasi tersebut daripada hanya membuat memori internal penuh.

  • Samsung In App Purchase

Ketika Anda sedang menggunakan aplikasi atau game tertentu yang mengharuskan pembayaran di dalam aplikasi atau In App Purchase, maka aplikasi Samsung In App Purchase menjadi salah satu sarana yang bisa digunakan.

Akan tetapi, saat ini sudah ada banyak aplikasi dompet digital yang mampu memberikan banyak fitur tambahan, membuat aplikasi tersebut kurang diminati.

Jika Anda juga telah menggunakan salah satu aplikasi dompet digital, maka tidak salahnya jika aplikasi Samsung In App Purchase dihapus.

Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi bawaan Samsung yang bisa dihapus lainnya. Namun beberapa aplikasi yang sudah disebutkan di atas, merupakan aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan untuk dihapus karena fungsi yang terasa kurang berguna.

Loading...